Pembelajaran Model Discovery Learning di SMP Bina Satria Mulia
PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING
PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
BILANGAN BULAT
SMP BINA SATRIA MULIA
Sekolah Bina Satria Mulia |
Pembelajaran model discovery learning adalah pembelajaran yang
diartikan sebagai bentuk proses belajar yang terjadi jika siswa tidak
disuguhkan dengan pelajaran dalam bentuk akhirnya akan tetapi diharapkan untuk
mengorganisasi sendiri. Artinya pelajaran aatau materi yan hendak diberikan
tidak disampaikan seutuhnya sebagai gantinya siswa akan didorong untuk
menganalisis sendiri apa yang ingin dicari kemudian para siswa mengorganisasi
apa yang telah mereka pahami dalam suatu bentuk final.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan:
- - Guru
menyiapkan fisik siswa , kemudian berdoa dan mengecek kehadiran siswa
-
Setelah
itu guru menyampaikan manfaat “anak- anak ibu tau apa manfaat yang dapat kita
peroleh setelah mempelajari penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat?”untuk
jual beli buk, “Jawab siswa.
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru
bertanya kepada siswa untuk mengingatkan siswa tentang materi sebelumnya,
“sebutkan contoh bilanga bulat positif dan bilangan bulat negatif”.supaya siswa
termotivasi.
-
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada hari ini, kemudian guru membagi siswa
kedalam 5 kelompok , setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
Kegiatan Inti:
1. Stimulation (pemberian Rangsangan)
-
Siswa
mengamati contoh penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan.
-
Guru
menunjuk siswa untuk menjawab soal dari guru didepan kelas.
2.
Problem
Statement (pertanyaan/ identifikasi masalah)
-
Siswa
dimintak untuk mengajukan pertanyaan, setiap siswa mengajukan 1 pertanyaan.
3.
Data
Collection
-
Guru
membagikan LKS kepada setiap siswa.
-
Setiap
siswa diminta untuk membaca dan memahami soal yang diberikan guru.
4.
Data
Procesing (Pengolahan Data)
siswa sedang berdiskusi bersama kelompok |
guru sedang membingbing siswa |
-
Siswa
diminta secara mandiri untuk menjawab pertanyaan di LKS dengan menggunakan
garis bilangan dan alat peraga
alat peraga kartu bilangan bulat |
5.
Verification
(pembuktian)
-
Siswa
menunjukkan hasil kerjanya kepada anggota kelompok masing-masing agar
dikoreksi.
6.
Generalization
(menarik Kesimpulan)
-
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas dengan alat peraga |
siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan garis bilangan |
siswa memperhatikan temannya didepan kelas |
Penutup
-
Guru
dan siswa merangkum materi pembelajaran pada hari ini
-
Guru
bertanya kepada siswa mengenai materi yang belum dipahani.
-
Guru
mengumpulkan hasil kerja kelompok
-
Guru
memberitahukan kepada siswa untuk membaca materi selanjutnya mengenai perkalian
dan pembagian bilangan bulat
-
Guru
memberikan tugas kepada siswa.
Adapun kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran model
Discovery Learning ini adalah
1.
Kelebihan
-
Mendorong
Siswa menjadi lebih aktif
-
Mendorong
Siswa dapat berfikir kritis
-
Dapat
mengembangankan rasa percaya diri siswa
-
Dapat
mengembangkan bakat dan kecakapan siswa
2. Kekurangan
-
Dalam
satu kelompok cenderung yang banyak yang bermain dan yang menyelesaikan hanya
ketua kelompok
-
Bagi
siswa yang kurang pandai akan mengalami kesulitan untuk berfikir atau
mengungkapkan pendapatnya.
Komentar
Posting Komentar