Pembelajaran Model Discovery Learning di SMP Bina Satria Mulia

PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING
PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT
SMP BINA SATRIA MULIA


Sekolah Bina Satria Mulia
            Pembelajaran model  discovery learning adalah pembelajaran yang diartikan sebagai bentuk proses belajar yang terjadi jika siswa tidak disuguhkan dengan pelajaran dalam bentuk akhirnya akan tetapi diharapkan untuk mengorganisasi sendiri. Artinya pelajaran aatau materi yan hendak diberikan tidak disampaikan seutuhnya sebagai gantinya siswa akan didorong untuk menganalisis sendiri apa yang ingin dicari kemudian para siswa mengorganisasi apa yang telah mereka pahami dalam suatu bentuk final.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan:
-          - Guru menyiapkan fisik siswa , kemudian berdoa dan mengecek kehadiran siswa
-          Setelah itu guru menyampaikan manfaat “anak- anak ibu tau apa manfaat yang dapat kita peroleh setelah mempelajari penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat?”untuk jual beli buk, “Jawab siswa.
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-          Guru bertanya kepada siswa untuk mengingatkan siswa tentang materi sebelumnya, “sebutkan contoh bilanga bulat positif dan bilangan bulat negatif”.supaya siswa termotivasi.
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada hari ini, kemudian guru membagi siswa kedalam 5 kelompok , setiap kelompok beranggotakan 5 orang.

Kegiatan Inti:
1.      Stimulation (pemberian Rangsangan)
-          Siswa mengamati  contoh penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan.
-          Guru menunjuk siswa untuk menjawab soal dari guru didepan kelas.
2.      Problem Statement (pertanyaan/ identifikasi masalah)
-          Siswa dimintak untuk mengajukan pertanyaan, setiap siswa mengajukan 1 pertanyaan.
3.      Data Collection
-          Guru membagikan LKS kepada setiap siswa.
-          Setiap siswa diminta untuk membaca dan memahami soal yang diberikan guru.
4.      Data Procesing (Pengolahan Data)
siswa sedang berdiskusi bersama kelompok
guru sedang membingbing siswa 
-          Siswa diminta secara mandiri untuk menjawab pertanyaan di LKS dengan menggunakan garis bilangan dan alat peraga
alat peraga kartu bilangan bulat
5.      Verification (pembuktian)
-          Siswa menunjukkan hasil kerjanya kepada anggota kelompok masing-masing agar dikoreksi.
6.      Generalization (menarik Kesimpulan)
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas dengan alat peraga 
siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan garis bilangan
siswa memperhatikan temannya didepan kelas
Penutup
-          Guru dan siswa merangkum materi pembelajaran pada hari ini
-          Guru bertanya kepada siswa mengenai materi yang belum dipahani.
-          Guru mengumpulkan hasil kerja kelompok
-          Guru memberitahukan kepada siswa untuk membaca materi selanjutnya mengenai perkalian dan pembagian bilangan bulat
-          Guru memberikan tugas kepada siswa.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran model Discovery Learning ini adalah
1.      Kelebihan
-          Mendorong Siswa menjadi lebih aktif
-          Mendorong Siswa dapat berfikir kritis
-          Dapat mengembangankan rasa percaya diri siswa
-          Dapat mengembangkan bakat dan kecakapan siswa
2.      Kekurangan
-          Dalam satu kelompok cenderung yang banyak yang bermain dan yang menyelesaikan hanya ketua kelompok
-          Bagi siswa yang kurang pandai akan mengalami kesulitan untuk berfikir atau mengungkapkan pendapatnya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Pembelajaran APIK diBSM